[HOAKS] Memakai Masker Terlalu Lama dapat Menyebabkan Kematian Akibat Keracunan Karbon Dioksida

Selasa, 20 Oktober 2020 ~ Oleh Admin Kominfo ~ Dilihat 26 Kali

Penjelasan :

Telah beredar unggahan di media sosial Facebook yang berisi sebuah video dan tangkapan layar dengan klaim bahwa memakai masker terlalu lama dan terlalu sering dapat menyebabkan hypoxia dan meninggal karena keracunan karbon dioksida (CO2).

Setelah ditelusuri, klaim tersebut adalah tidak benar. Dilansir dari situs Hopkinsallchildrens.org, Spesialis penyakit menular pediatrik Matthew Thomas, M.D mengatakan, saat kita mengeluarkan napas, karbon dioksida meninggalkan paru-paru dan keluar dari tubuh melalui hidung atau mulut. Karbon dioksida merupakan gas yang terdiri dari molekul kecil. Molekul-molekul ini sangat kecil sehingga bisa melewati banyak bahan, termasuk bahan yang digunakan untuk membuat masker. Jika kita menggunakan masker kain atau medis, karbon dioksida akan masuk dengan aman. Itu tidak akan menumpuk di dalam masker atau membuat kita sakit.

KATEGORI: HOAKS

sumber data : https://www.kominfo.go.id/content/detail/30267/hoaks-memakai-masker-terlalu-lama-dapat-menyebabkan-kematian-akibat-keracunan-karbon-dioksida/0/laporan_isu_hoaks

Link Counter:

https://www.hopkinsallchildrens.org/ACH-News/General-News/Myths-about-Masks-and-Other-Coronavirus-Facial-Cov

https://cekfakta.com/focus/5295

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4384475/cek-fakta-tidak-benar-menggunakan-masker-akan-berakibat-keracunan-co2

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT